Senin, 13 Mei 2013

Kompleks Rumah Adat


Bersama ini saya mahasiswa stisipol chandradimuka jurusan jik pagi,
Nama : Yanti Widya Karno
Bersamaan ini saya mengirimkan berita untuk dimuat dirubrik citizen jurnalism
Kompleks Rumah Adat
Jakabaring,

Warisan budaya yang ada di Provinsi Sumatera Selatan, memang sangat banyak dan beragam. Salah satu warisan budaya yang tidak boleh dilupakan oleh masing-masing Kabupaten  yang ada di Sumatera Selatan adalah Rumah Adat. Rumah adat merupakan bentuk budaya dan adat istiadat dari setiap kabupaten yang ada di Sumsel, maka dari itu generasi muda saat ini perlu mengetahui dan mengenal bentuk-bentuk dari rumah adat di setiap Kabupaten /Kota.


Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) adalah salah satu tempat yang memperkenalkan macam-macam bentuk dari rumah adat yang ada di setiap Kabupaten / Kota di Sumsel. Menurut Abdul Sakur salah satu petugas penjaga yang ada di Dekranasda, yang kami temui pada kamis.                                        
(3/4).Dekranasda didirikan pada tahun 2004. Pada awalnya, kompleks rumah adat itu dibangun untuk memamerkan rumah adat tiruan dari kabupaten/kota di Sumsel. Rumah-rumah adat itu menjadi sarana untuk memamerkan kerajinan tradisional dan khas dari setiap kabupaten/kota. Lokasi itu juga menjadi tempat pameran. yang bertujuan untuk memberikan pengenalan terhadap masyarakat mengenai macam-macam bentuk rumah adat yang ada di Sumsel.

Hingga saat ini telah berdiri 14 rumah adat yang terdiri dari rumah adat Palembang, Musi Banyuasin, Lubuk Linggau, Pagaralam, Prabumulih, Lahat, Musirawas, Ogan Komering Ulu, Ogan Ilir, Empat Lawang, Muara Enim, Ogan Komering Ilir, Dan Ogan Komering Ulu Selatan. Sedangkan untuk bangunan rumah adat ogan komering ulu timur masih dalam perencanaan, tuturnya. Dia juga menambahkan bahwasannya Dekranasda berdiri dibawah naungan Ibu Gubernur dan semoga saja dengan adanya Dekranasda masyarakat Sumsel khususnya palembang akan dapat lebih mengenal bentuk-bentuk rumah adat yang ada di Sumsel.




Dibuat sebagai tugas mata kuliah teknologi komunikasi jik pagi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar